KESEHATAN REPRODUKSI

Posted: Januari 26, 2013 in Uncategorized

Pengertian Kesehatan Reproduksi

– Pada tulisan tentang pengertian kesehatan reproduksi ini akan dipaparkan tentang defSSSSinisi kesehatan reproduksi wanita dan juga menerangkan indikator kesehatan reproduksi wanita. Selain itu artikel ini juga akan mengupas tuntas mengenai kesehatan reproduksi pada wanita, serta mempertegas batasan-batasan ruang lingkup kesehatan reproduksi.

Dari berbagai artikel yang dapat dengan mudah ditemukan di internet, maka didapatkan pengertian kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan kesehatan yang sempurna baik secara fisik, mental, dan sosial dan bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya.

Dalam pengertian kesehatan reproduksi ini ditemukan berbagai hal yang tercakup didalamnya tentang berbagai hal sebagai berikut ini:

  1. Hak seseorang untuk dapat memperoleh kehidupan seksual yang aman dan memuaskan serta mempunyai kapasitas untuk bereproduksi;
  2. Kebebasan untuk memutuskan bilamana atau seberapa banyak melakukannya;
  3. Hak dari laki-laki dan perempuan untuk memperoleh informasi serta memperoleh aksebilitas yang aman, efektif, terjangkau baik secara ekonomi maupun kultural;
  4. Hak untuk mendapatkan tingkat pelayanan kesehatan yang memadai sehingga perempuan mempunyai kesempatan untuk menjalani proses kehamilan secara aman.

Secara garis besar dapat dikelompokkan empat golongan faktor yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi yaitu :

  • Faktor sosial-ekonomi dan demografi (terutama kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, dan ketidaktahuan tentang perkembangan seksual dan proses reproduksi, serta lokasi tempat tinggal yang terpencil).
  • Faktor budaya dan lingkungan (misalnya, praktek tradisional yang berdampak buruk pada kesehatan reproduksi, kepercayaan banyak anak banyak rejeki, informasi tentang fungsi reproduksi yang membingungkan anak dan remaja karena saling berlawanan satu dengan yang lain, dsb).
  • Faktor psikologis (dampak pada keretakan orang tua pada remaja, depresi karena ketidakseimbangan hormonal, rasa tidak berharga wanita pada pria yang membeli kebebasannya secara materi, dsb).
  • Faktor biologis (cacat sejak lahir, cacat pada saluran reproduksi pasca penyakit menular seksual, dsb).

Kesehatan reproduksi wanita – Kemungkinan besar kita mengetahui bahwa defenisi kesehatan reproduksi wanita ialah sebagai keadaaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang utuh dalam segala hal yang sangat berkaitan dengan sistem fungsi dan proses reproduksi. Kesehatan reproduksi wanita, terdapat 4 hal pokok yang penting didalamnya :

  • kesehatan reproduksi dan seksual
  • penentuan dalam keputusan reproduksi
  • kesetaraan pria dan wanita
  • keamanan reproduksi dan seksual

Penyebab Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita

Berikut adalah penyebab-penyebab permasalahan kesehatan reproduksi wanita saat ini :
Pendidikan yang rendah
Tingginya tingkat kemiskinan juga sangat mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi. Semua tergantung dari tingkat kemampuan masalah biaya. Dari kebanyakan orang menilai bahwa laki-laki lebih perlu mendapatkan pendidikan daripada wanita, itu disebabkan karena faktor kemiskinan. Sehingga mereka menilai bahwa seorang wanita itu tidak perlu dengan pendidikan yang tinggi. Padahal seseorang yang memiliki pendidikan yang tinggi mempunyai daya tangkap atau mempunyai pengertian yang lebih besar terhadap semua masalah, terutama masalah kesehatan dan bisa ikut serta dalam mengambil keputusan dalam keluarga dan masyarakat. Dengan pendidikan yang memadai, wanita pun dapat mengetahui dengan bijaksana pentingnya merawat daerah kewanitaan serta menghindari banyak masalah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Kemiskinan
Masalah ini juga bisa mengakibatkan antara lain:

  • makanan yang tidak cukup asupan gizinya juga bisa mempengaruhi tingkat pemikiran
  • persedian air bersih yang sangat kurang, kurangnya sanitasi air dan daerah pemukiman yang buruk juga bisa mempengaruhi daya pemikiran yang kurang baik
  • kurangnya pelayanan yang baik secara dari medis umum ataupun layanan masyarakat, bisa juga dikatakan jauh dari perhatian sehingga bisa mengakibatkan lambatnya cara berfikir.

Pernikahan Dini
Seperti yang selalu kita lihat, di era saat ini sudah terlalu banyak kita lihat banyaknya wanita yang melakukan kawin terlalu muda (dibawah usia 18 tahun). Hal ini sudah sering terjadi, faktor-faktor ini juga sangat mempengaruhi pola pemikiran. Wanita yang menikah sangat muda, berarti resiko terbesar pun bisa terjadi. Wanita muda hamil mempunyai resiko tingkat kematian dua kali lebih besar dibandingkan dengan wanita yang menikah usia diatas 20 tahun dan dapat merusak reproduksi wanita. Dampak lain juga, akibat mereka putus sekolah, pada akhirnya mereka selalu bergantung kepada suami dalam perekonomian keluarga dan dalam mengambil keputusan.

Kekurangan gizi dan kesehatan yang buruk
Saat ini di negara kita sangat banyak penduduk tumbuh tidak sempurna karena kurangnya gizi dalam makanan pada masa anak-anak akibat besarnya tingkat kemiskinan.  Kekurangan gizi berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi wanita karena sebenarnya wanita yang sudah mengalami menstruasi akan membutuhkan gizi banyak bahkan sampai 3 kali lebih besar dari pada pria untuk menggantikan darah yang keluar. Kurangnya gizi juga bisa membahayakan perkembangan otak janin dan fisik janin. Wanita juga sangat rentan terhadap bakteri karena kebanyakan dari wanita bekerja berhubungan dengan air, misalnya mencuci, memasak, dan sebaginya. Seperti yang kita ketahui bahwa air adalah media yang sangat cepat dan sangat berbahaya dalam penularan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Beban kerja yang berat
Pada umumnya waktu wanita bekerja lebih banyak dari pada waktu kerja pria. Akibatnya wanita hanya mempunyai waktu yang sangat sedikit untuk istirahat dan bisa mengakibatkan stres, kronis dan sebagainya. Kesehatan reproduksi wanita tidak hanya dipengaruhi oleh waktu saja tetapi wanita juga harus tetap menjaga kesehatannya dengan menjalankan pola hidup yang baik.

Jadi betapa pentingnya kesehatan bagi seorang wanita terutama menjaga kesehatan reproduksi wanita. maka sejak dini kita sudah harus menjaga pola hidup sehat untuk diri, karena kesehatan wanita secara langsung sangat berpengaruh untuk kesehatan anak baik yang didalam kandungan atau anak yang telah lahir. kesehatan wanita sangat sering dilupakan. oleh sebab itu wanita selalu menghadapi masalah kesehatan khusus yang tidak dihapadi oleh seorang pria berkaitan dengan fungsi reproduksinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s